On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Makanan-Makanan yang Diluar Akal Sehat

Onthespotv7.com – Makanan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup kita sebagai makhluk di dunia. Tanpa adanya makanan, maka tidak akan ada peradaban hingga saat ini. Makanan yang kita makan sehari-hari ini biasanya adalah makanan yang lezat, bergizi dan tentunya wajar untuk dimakan. Namun ada beberapa makanan yang dimakan manusia justru makanan yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa makanan yang di luar akal sehat.

  •  Corn SmutFoto corn smut oleh unik SegiEmpat

Pernahkah Anda berpikir akan memakan sebuah penyakit yang menginfeksi suatu tanaman? Tentunya hal tersebut tidak pernah terbesit dipikiran Anda, karena sesungguhnya hal tersebut memanglah tidak wajar. Namun ada sebuah penyakit dari tumbuhan khususnya tumbuhan jagung yang bernama Corn Smut. Penyakit pada tumbuhan jagung ini adalah penyakit yang bisa menginfeksi seluruh bagian jagung dan lama kelamaan akan menghasilkan jamur atau spora. Corn Smut atau yang biasa disebut Jagung Mesum dalam bahasa Indonesia dan huitlacoche pada bahasa Mexico ini adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pathogen jamur Ustilago maydis yang menyebabkan luka api pada tanaman jagung dan teosinte (Euchlema mexicana).

Klik untuk memutar

Hal ini tentunya dianggap sebagai hama oleh petani jagung, namun bagi warga Meksiko Corn Smut ini adalah makanan yang lezat. Bahkan harga makanan yang satu ini akan dijual dengan harga yang sangat mahal dan melebihi harga jagung biasa yang tidak terkena penyakit ini. Hal ini tentunya merupakan suatu hal yang aneh bukan? Mereka memakannya dengan lahap tanpa memikirkan efeknya dan hal ini bisa membantu para petani jagung mengatasi hama jagungnya. Jika dilihat dari karakteristik penyakit tanaman ini bisa dikatakan bahwa Corn Smut ini lebih suka untuk memasuki ovarium dan menggantikan kernel normal tongkol jagung, terdistorsi tumor analog bersamaan dengan jamur. Tumor inilah yang nantinya akan terdiri dari sel yang bisa memperbesar bagian tanaman yang terinfeksi sehingga lama kelamaan akan timbul spora yang membuatnya menjadi busuk atau berwarna kehitaman. Cara penyajian makanan yang menjijikkan ini adalah dengan memanen jagung yang telah terinfeksi penyakit tumor ini.

Pada saat memanen tumor jagung ini tentunya belum bisa dijadikan indikasi apakah jagung ini telah matang atau belum. Karena belum matang ini, akhirnya jagung ini diproduksi dan diprosrs hingga jagung matang dan spora dalam tumor ini bisa terisi penuh. Setelah diproses dengan cara yang aneh dan unik, jagung ini dimasak dan ternyata jagung yang terinfeksi ini memiliki rasa yang sangat lezat, manis, gurih seperti layaknya jamur biasa. Namun juga adanya penyajian yang baik bisa mempengaruhi rasa dari jagung yang satu ini. Awalnya, makanan ini adalah makanan yang tidak terlalu dianggap bagi sebagian orang di Eropa karena hal ini sama saja dengan mengkonsumsi penyakit, namun ternyata setelah beberapa abad berlalu dengan proses memasak yang lama dan baik, akhirnya makanan ini bisa banyak dikonsumsi oleh warga Eropa bahkan petani ada yang sengaja menginfeksi tanaman jagung mereka dengan penyakit jagung yang satu ini agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  • Casu MarzuFoto casu marzu oleh unik SegiEmpat

Keju, siapa yang tak mengenal makanan yang satu ini? Ya, makanan yang dibuat dari susu hewan ternak ini memiliki rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi. Namun siapa kira bahwa keju juga bisa menjadi makanan yang menjijikan dan tidak akan pernah ada di pikiran Anda. Makanan bernama Casu Marzu ini adalah makanan sejenis keju yang berasal dari susu domba. Namun hal yang membuat makanan ini ilegal di Italia adalah karena sebelum disajikan, keju ini akan diteluri oleh lalat Piophila casei yang merupakan lalat keju sehingga saat disajikan, keju ini akan ada telur atau yang disebut dengan larva lalat ini hingga belatungnya. Tentunya Anda akan berpikir dua kali bukan untuk memakan makanan khas daerah Sardinia, Italia ini. Makanan ini dapat dilarang untuk di negara Eropa karena makanan ini termasuk makanan yang tidak hanya menjijikan namun juga membahayakan kesehatan. Membahayakan kesehatan ini dalam arti menimbulkan berbagai penyakit. Penyakit ini yaitu seperti sakit perut, mual hingga muntah, diare dan penyakit usus.

Casu Mazu adalah makanan yang bernama keju busuk atau bisa juga disebut keju belatung karena memang keju ini adalah keju yang dilakukan dengan cara dibusukkan dengan tata cara yang menjijikkan. Hal yang penting juga untuk mengetahui mengenai pembuatan dari makanan yang satu ini agar Anda terhindar dari beberapa resiko jika mengkonsumsinya. Cas Marzu ini adalah makanan yang dibuat dari keju Pecorino, keju Italia yang terbuat dari susu domba. Keju ini dijemur di bawah sinar matahari. Kemudian dengan sendirinya lalat-lalat Piophilla casei datang dan bertelur pada keju tersebut. Tentunya setelah selesai bertelur, lalat tersebut akan meninggalkan telur itu tetap diatas keju dan lama kelamaan telur akan berubah menjadi larva dan belatung yang memiliki tugas untuk mencerna keju Pecorino tersebut. Belatung yang ada di keju ini ternyata memiliki fungsi untuk memproduksi enzim yang bisa melakukan fermentasi yang menyebabkan lemak keju membusuk dan hal ini adalah proses pembuatan CAsu Marzu atau yang disebut keju busuk ini. Bahkan jika Anda melihat makanan ini, di dalam Casu Marzu ini masih terddaoat belatung hidup yang sengaja dimasukkan ke dalam keju ini. Menurut warga Sardinia ini mengatakan Casu Marzu memang merupakan makanan yang baik jika dikonsumsi dengan adanya belatung hidup di dalamnya dan apabila belatung ini telah mati, maka Casu Marzu ini menjadi berbahaya untuk dikonsumsi karena banyaknya racun di dalamnya.

Oleh sebab itu, warga Sardinia gemar mengkonsumsinya dengan belatung hidup dan juga didukung rasanya yang tajam serta tekstur yang sangat lunak. Sensasi lain yang bisa Anda rasakan jika mengkonsumsi makanan ini adalah adanya cairan lagrima atau yang berarti ‘air mata’ dalam bahasa Sardinia, namun menurut beberapa ahli lagrima ini adalah suatu ‘pembusukan hitam’ yang ada dalam proses dekomposisi. Meskipun makanan ini adalah makanan yang merupakan salah satu kekhasan dari daerah Sardinia ini sendiri, namun dalam penyebarannya, makanan ini sudah dianggap ilegal sehingga ada hukuman berupa denda yang diberikan kepada sang penjual jika ketahuan menjualnya. Sehingga menyebabkan banyak pedagang yang menjualnya pada pasar gelap karena sebenarnya makanan ini adalah makanan yang dikonsumsi warga Sardinia selama berates-ratus tahun yang lalu tanpa adanya keluhan seperti yang dikhawartirkan pada zaman sekarang.

 

keju belatung on the spot
.
Updated: Agustus 19, 2016 — 09:26
On The Spot © 2014