On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Manfaat Buah dan Sayuran Berwarna Ungu


Buah dan sayur yang berwarna ungu ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Warna pada sayur dan buah berwarna ungu berasal dari fitokimia yang berkhasiat melindungi tubuh manusia dari serangan beragam penyakit, mulai dari infeksi ringan sampai kanker.

Warna ungu pada buah dan sayur tersebut berasal dari pigmen antosianin yang memiliki banyak kandungan seperti:

Klik untuk memutar

1. Antosianin
Antosianin merupakan senyawa flavanoid yang melindungi sel dari sinar ultraviolet. Pigmen ini diyakini bisa meningkatkan penglihatan pada malam hari. Antosianin ternyata juga bisa mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes mellitus, dan serangan jantung.

2. Vitamin
Vitamin yang terkandung pada buah dan sayuran berwarna ungu antara lain vitamin B kompleks yang sangat tinggi, serta vitamin A, C, E. K, dan D yang baik untuk kesehatan tulang.

3. Riboflavin ( B2 )
Sangat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah, sumsum tulang, dan sistem saraf sehingga dapat mencegah anemia.

4. Zat besi
Zat besi ini sangat baik untuk mencegah anemia yang sering diderita oleh ibu hamil dan anak – anak.

5. Selenium
Selenium merupakan satu mineral esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh. Zat ini sangat penting dalam aktivasi enzim antioksidan, sistem imunitas tubuh dan regulasi kelenjar tiroid sehingga terhindar dari penyakit gondok.

6. Ellagic Acid
Merupakan zat yang sangat baik bagi kesehatan perempuan, khususnya untuk mencegah kanker payudara.

7. Salicylates
Salicylates merupakan komponen yang alami pada buah dan sayuran ungu yang mampu menurunkan risiko terjangkitnya serangan jantung.

8. Resveratol
Kandungan ini terbukti menghambat endothelin-1 yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, bermanfaat bagi sistem kardiosvaskular dan dapat meyehatkan jantung.

Dari kandungan tersebut, buah dan sayur yang bewarna ungu sangat kaya akan kandungan yang menyehatkan bagi tubuh manusia. Buah dan sayuran ungu ini contohnya terung ungu, kol bewarna ungu, asparagus ungu, plum, anggur ungu, blueberry dan masih banyak lagi

Berikut beberapa buah dan sayuran berwarna ungu, seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com:

Mangga Irwin

Mangga irwin merupakan jenis yang diintroduksi dari Australia. Jenis mangga ini menyuguhkan sensasi rasa yang cenderung berbeda dibandingkan dengan mangga lokal Indonesia. Tekstur daging buahnya padat, agak berair, berserat cukup halus, dan mengandung sedikit tepung. Rasanya pun manis bercampur asam dengan aroma buah yang khas mirip kweni.

Mangga ini memiliki tampilan yang menarik, terutama buahnya. Buah yang masih muda mempunyai warna ungu pada pangkal buah dan hijau pada ujung buah. Sementara buah yang sudah matang (tua) berwarna merah pada pangkalnya dan kuning pada ujung buah. Buahnya berbentuk bulat lonjong dan beratnya 200—500 g/buah.

Warna merah pada buah mangga ini muncul disebabkan adanya hormon antosianin. Mengkonsumsi sebuah mangga ukuran sedang, sudah mencukupi dua kali kebutuhan vitamin C harian, dua pertiga vitamin A, setengah vitamin E, dan seperempat serat. Buah ini juga memiliki kadar potasium, besi, dan asam nikotinik, yang secara keseluruhan merupakan antioksidan yang mudah dicerna.

Mangga irwin cenderung memerlukan sinar matahari yang penuh. Jika tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, warna ungu pada pangkal buah saat masih muda dan warna merah pada pangkal buah saat matang tidak akan muncul. Dengan demikian, penampilan buah menjadi tidak menarik. Untuk itu, perlu dilakukan pengurangan percabangan-percabangan agar sinar matahari dapat masuk ke dalam tajuk tanaman.

Kentang Ungu

Kentang ungu ini lebih sehat dari pada kentang biasa karena mengandung antioksidan 10 kali lebih tinggi. Kentang yang diberi nama Purple Majesty ini memiliki warna ungu gelap dan mengandung antosianin, jenis antioksidan, yang lebih kaya. Kentang ini dikembangkan dari kentang biasa yang diciptakan oleh ilmuwan dari Colorado State University, Amerika Serikat.

Kentang ungu mengandung pigmen alami antosianin. Pigmen ini memberikan warna ungu pada kentang yang tidak akan berubah meski sudah dimasak.

Ide kentang ungu ini berasal dari khasiat anggur merah terhadap kesehatan karena tingginya kandungan antioksidan. Hal yang sama terdapat pada kentang ungu ini. Penelitian menunjukkan efek positif terhadap pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Tomat Ungu

Tomat Ungu adalah hasil rekayasa genetika yang memiliki kandungan vitamin dan keunggulan yang mirip dengan buah blueberry. Pigmen ungu, (anthocyanin) dalam Tomat warna ungu yang unik ini, dipercaya merupakan sejenis antioksidan yang mampu melawan sel kanker pada manusia. Hal ini telah terbukti setelah dilakukan uji coba pada hewan.

Jagung Ungu

Jagung yang satu ini warnanya ungu gelap kehitaman. Konon rasanya tidak berubah dari rasa jagung biasanya, hanya saja warnanya memang berbeda.

Jagung ini, seperti dilansir oleh IndiaTimes adalah produk pengembangan makanan masa depan, yang bermanfaat besar bagi kesehatan. Jagung ini dapat menyembuhkan diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal. Umumnya diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, dengan pengonsumsian yang teratur maka jagung ini akan membantu menyeimbangkan gula darah tubuh.

Saat ini jagung ini hanya tumbuh dan dikembangkan di daerah Peru dan Cili, di mana warna ungunya disebabkan oleh kandungan antosianin (sejenis flavonoid) yang juga merupakan zat anti diabetes.

Para peneliti dari departemen pangan dan nutrisi serta biokimia universitas Hallym di Korea juga ikut serta meneliti jagung tersebut. Ditemukan bahwa ada sel dan molekul antosianin aktif dalam jagung ungu. Hingga saat ini belum diketahui jelas dan mendalam soal pengaruhnya terhadap penanggulangan diabetes, namun apabila memang diyakini ini adalah obat baru untuk penyakit diabetes, maka para ilmuwan akan membantu pengembangannya.

Wortel Ungu

Selama ini wortel lebih dikenal dengan warna orange-nya yang menggemaskan. Namun, jauh sebelum wortel orange populer, wortel ungu ini ternyata sudah pernah beken dan menjadi sayuran yang diandalkan pada abad ke 16 di sepanjang Asia dan Timur Tengah.

Wortel ungu ini adalah wortel yang tumbuh liar, umumnya pendek dan langsing. Wortel pertama kali diperkenalkan sekitar 5000 tahun lalu di Afganistan. Awalnya, yang ada hanyalah varietas wortel kuning dan ungu. Seiring dengan perkembangan jaman, mereka kawin silang dan menghasilkan varietas baru, wortel orange, yang lebih dikenal saat ini.

Seperti dikutip dari carrotmuseum.co.uk, para peneliti percaya bahwa warna orange pada wortel dapat membantu menyembuhkan kanker dan penyakit jantung. Pasalnya, wortel kaya kandungan beta karoten yang dikonversikan dari vitamin A dan baik untuk memerangi kanker.

Sekitar tahun 2000-an, wortel ungu ini kembali muncul dan memeriahkan pasar di Inggris. Supermarket mulai menyediakan pilihan wortel dari orange hingga yang ungu. Saat itu, wortel menjadi menu sayuran yang sama populernya seperti kentang.

Adalah antosianin, sebutan bagi zat antioksidan yang terkandung di dalam wortel ungu ini. Zat yang sama seperti yang dikandung bluberry dan anggur merah.

Lindsay Brown, seorang profesior Biomedical Science di University of Southern Queensland mengatakan bahwa wortel ungu ini tidak kalah khasiatnya dibanding wortel yang sekarang ada. Bahkan, wortel ungu lebih kaya antioksidan karena warna ungunya yang alami.

Percobaan kemudian dilakukan pada seekor tikus yang telah diberi asupan lemak tinggi, karbohidrat tinggi selama 8 minggu. Tentu saja tikus tersebut menjadi gemuk, menderita prediabetic, tekanan darah tinggi, sakit jantung dan mengalami kerusakan pada livernya.

8 minggu setelahnya, tikus ini diberi asupan diet wortel ungu. Setiap hari jus wortel dikonsumsinya, dan hasilnya menunjukkan perubahan yang drastis dan ajaib. Tikus tersebut sembuh, dan kembali sehat seperti semula. Tekanan darahnya turun, kolagen di dalam jantung normal, kadar gula di dalam darah kembali normal, livernya kembali segar.

Dari hasil penelitian tersebut, Profesor Lindsay menyimpulkan bahwa dengan diet wortel ungu dan latihan fisik teratur, keluhan seperti penyakit jantung, liver, diabetes, dan tekanan darah tinggi bisa diatasi.

Cabe Ungu Purple Bhut Jolokia

Cabe ini rasanya sangat pedas bahkan masuk golongan terpedas di dunia, masih saudaranya Red Bhut Jolokia atau cabe setan yang pernah menjadi terpedas pada tahun 2007, Cabe unik ini Berwarna Ungu cerah.

Kembang Kol Ungu

Warna ungu di kembang kol ini disebabkan oleh kehadiran anthocyanin kelompok antioksidan, yang juga dapat ditemukan dalam kubis merah dan anggur merah. Varietas termasuk ‘Graffiti’ dan ‘Purple Cape’.

Kubis Ungu

Kubis Ungu, lebih dikenal sebagai kubis merah, merupakan varietas warna-warni dari keluarga brassica. Kubis ungu memiliki rasio yang relatif tinggi nutrisi dan vitamin untuk kalori dan lemak, yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi para pelaku diet. Hal ini umum dijumpai dalam salad, coleslaw, dalam sajian makanan dengan direbus dan acar.

Baca juga mengenai cabe pelangi disini dan jagung warna-warni disini

mangga ungu jenis mangga jenis buah mangga paling besar mangga merah buah ungu jenis mangga terbaik macam macam jenis mangga macam2 jenis mangga macam-macam jenis mangga macam macam mangga macam2 jenis mangga kweni anggor besar warnanya ubgu jenis apa gambar manfaat buah buahan yang berwarna ungu mangga ungu mengobati katarak mangga warna warni
.
Updated: Oktober 25, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014