On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Menguak Fakta 10 Makanan Buatan AS Yang Ditolak Di Negara Lain

Farmed-Salmon

Banyak produk buatan Amerika Serikat dipasaran dunia, namun hanya sedikit yang tahu bahwa beberapa negara yang memiliki aturan ketat mengenai makanan dan minuman, telah melarang beberapa produk impor dari negara cowboy yang mengklaim sebagai polisi dunia itu.

Klik untuk memutar

Berikut ini adalah 10 besar makanan dan minuman buatan Amerika Serikat yang paling banyak ditolak untuk di impor ke berbagai negara di dunia, termasuk ditolak pula oleh negara-negara sekutunya. Berikut infi yang dikutip dari berjambang.blogspot.com

1. Ikan Salmon Hasil Budidaya (Farm-Raised Salmon)

Jika Anda ingin memaksimalkan manfaat dari kesehatan makan ikan ada baiknya Anda hindari memakan ikan hasil budidaya, khususnya ikan salmon yang memakan pakan dari bahan kimia berbahaya. Salmon liar mendapatkan warna merah muda atau merah cerah dari karotenoid alami (natural carotenoids) di dalam makanan mereka.

Sedangkan di sisi lain, berternak salmon yang dibesarkan oleh pakan yang sepenuhnya dari biji-bijian pelet yang tidak wajar termasuk varietas rekayasa genetika (genetically engineered varieties), ditambah ramuan antibiotik dan obat-obatanserta bahan kimia lainnya telah tidak terbukti aman bagi manusia.

Diet atau makanan ini menyebabkan ikan dengan warna daging keabu-abuan sehingga untuk kompensasi itu, mereka menambahkan pakan ikan buatan, astaxanthin sintetis (synthetic astaxanthin) yang terbuat dari petrokimia yang belum disetujui untuk konsumsi manusia dan telah dikenal toksisitas (beracun). Menurut sejumlah artikel, beberapa studi telah menunjukkan bahan itu dapat berpotensi merusak penglihatan Anda. Keterangan lebih lanjut tersedia dalam banyak artikel di internet.

Lalu, bagaimana anda bisa tahu sebuah daging salmon yang baik? apakah ikan salmon liar atau salmon peternakan? Jenis daging Salmon Sockeye liar adalah merah terang, mengandung konten astaxanthin alami. Ikan ini juga sangat ramping, terdapat tanda lemak berupa garis-garis putih yang dapat anda lihat dalam daging, sangat tipis. Jika ikan merah muda pucat dengan tanda lemak lebar, maka itulah daging salmon yang diternakkan.

Hindari Salmon Atlantik, seperti biasanya salmon berlabel “Salmon Atlantik” saat ini berasal dari peternakan ikan. Dua sebutan lain yang paling dicari adalah: “Salmon Alaska” dan “Sockeye Salmon“, sedangkan Salmon Sockeye Alaska tidak diizinkan untuk diternak. Mohon disadari bahwa sebagian besar dari semua salmon yang dijual di restoran adalah berasal dari hasil salmon peternakan!

Salmon kemasan kaleng yang berlabel “Salmon Alaska” adalah lebih baik, dan jika Anda menemukan Sockeye Salmon, itu pasti ikan Salmon dari alam liar. Sekali lagi, Anda dapat mengetahui antara Sockeye Salmon dengan salmon lain dengan warna dagingnya, yaitu berwarna merah terang atau merah muda karena memiliki konten astaxanthin alami unggulannya. Sockeye Salmon sebenarnya memiliki salah satu konsentrasi tertinggi astaxanthin daripada makanan apapun. Produk dari AS ini dilarang di import oleh: Australia dan Selandia Baru

2. Pepaya Hasil Rekayasa Genetika (Genetically Engineered Papaya)

Kebanyakan pepaya Hawaii pada masa sekarang adalah hasil dari rekayasa genetika, menjadi resisten terhadap Virus Ringspot. Pepaya hasil rekayasa ini dinamakan GPE (Genetically Engineered Papaya).

Penelitian masa kini telah menunjukkan bahwa hewan yang diberi makanan rekayasa genetika, seperti jagung dan kedelai, menderita berbagai penyakit termasuk kerusakan usus, kerusakan multi-organ, tumor besar, cacat lahir, kematian dini, dan menjadi mandul atau sterilitas sesungguhnya oleh keturunannya pada generasi ketiga.

Sayangnya, percobaan laboratorium kepada manusia baru dapat dibuktikan jika telah berusia sekitar 10 tahun, jadi kita “cenderung terlambat” karena dekade yang jauh dari tabulasi korban manusia oleh masalah tersebut.

Sangat disayangkan pula bahwa pemerintahan Obama telah menempatkan mantan pengacara Monsanto dan Wakil Presiden, Michael Taylor, yang menangani keamanan pangan AS dan menjadi konflik kepentingan yang serius bahkan dapat memerintah dalam mahkamah tertinggi, yaitu Mahkamah Agung Amerika Serikat! Yup itu semua benar. Namun untuk merahasiakannya, Hakim Agung Clarence Thomas yang juga mantan pengacara Monsanto menolak untuk mengakui konflik kepentingan itu. Produk dari AS ini dilarang di import oleh: Uni Eropa

3. Daging Yang Tercemar Ractopamine (Ractopamine-Tainted Meat)

Ractopamine adalah obat yang dipakai sebagai pakan aditif untuk membuat kerampingan pada hewan yang dipelihara untuk daging mereka. Secara farmakologi itu adalah beta-adrenergik agonis (beta-adrenergic agonist). Ini adalah bahan aktif dalam produk yang dikenal sebagai Paylean untuk babi dan Optaflexx untuk ternak, yang dikembangkan oleh Kesehatan Hewan Elanco (Elanco Animal Health), sebuah divisi dari Eli Lilly and Company, yang digunakan dalam makanan hewan untuk peningkatan pertumbuhan.

Sebagai obat beta agonis (agen partisi ulang yang meningkatkan sintesis protein) Ractopamine dipakai untuk penggunaan ternak ketika para peneliti menemukan bahwa obat yang digunakan pada penyakit asma ini, telah membuat tikus lebih berotot. Hal ini akan mengurangi kandungan lemak pada keseluruhan daging. Ractopamine saat ini digunakan oleh sekitar 45 persen daging babi di AS, 30 persen sapi pakan ternak, dan persentase terbesar diketahui untuk ayam Kalkun yang “dipompa penuh” oleh obat ini pada hari-hari menjelang pemotongan.

“Sampai 20 persen dari ractopamine masih berada dan tetap berada dalam daging yang Anda beli dari supermarket”, menurut dokter hewan Michael W. Fox.

Sejak tahun 1998, lebih dari 1.700 orang telah ” diracuni ” akibat dari makan babi yang “memakan” obat-obatan kimia, dan ractopamine dilarang digunakan dalam makanan hewan oleh tidak kurang dari 160 negara berbeda karena efek kesehatan yang berbahaya! Efektif pada 11 Februari 2013, Rusia telah mengeluarkan larangan impor daging dari AS, dijadwalkan berlangsung hingga AS setuju untuk menyatakan bahwa daging mereka telah bebas oleh kandungan ractopamine.

Saat ini, AS bahkan tidak menguji keberadaan” obat” ini dalam daging yang dijual. Pada hewan, ractopamine terkait dengan penurunan fungsi reproduksi, peningkatan mastitis pada peternakan susu dan peningkatan kematian dan kecacatan. Zat ini juga dikenal dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular manusia, dan dianggap bertanggung jawab akibat sifat hiperaktif dan dapat menyebabkan kelainan kromosom dan perubahan perilaku! Produk dari AS ini dilarang di import oleh: 160 negara, termasuk di seluruh Eropa, Rusia, Cina Daratan dan Republik Cina Taiwan.

4. Minuman “Tahan Api” (Flame Retardant Drinks)

Jika Anda tinggal di Amerika Serikat dan minum Mountain Dew dan beberapa soda jeruk dengan rasa lainnya serta minuman olahraga, maka Anda juga mendapatkan dosis bahan kimia sintetis (synthetic chemical), yang dinamakan Minyak Sayur Brominasi Sintetis atau Brominated vegetable oil (BVO), yang pada awalnya dipatenkan oleh perusahaan kimia sebagai flame retardant atau bahan kimia yang tahan api.

BVO telah terbukti bio-akumulasi dalam jaringan payudara dan kelenjar susu manusia dan studi hewan telah menemukan bahan itu menyebabkan masalah reproduksi dan perilaku dalam dosis besar. Brom merupakan depresan sistem saraf pusat (central nervous system depressant) dan juga merupakan disruptor endokrin umum (common endocrine disruptor). Bahan ini adalah bagian dari keluarga halida, yaitu sekelompok elemen yang mencakup fluor, klor dan yodium.

Menurut artikel:

“FDA telah plin-plan pada efek yang ditimbulkan oleh BVO yang awalnya mengklasifikasikan sebagai ‘umumnya diakui aman’ tetapi sekarang membalikkan pernyataan itu dan mendefinisikannya sebagai ‘interim makanan aditif ‘ , sebuah kategori yang disediakan untuk zat yang mungkin dipertanyakan untuk dapat digunakan ke dalam makanan.”

Bila tertelan, maka bromin bersaing untuk reseptor sama lainnya, yang digunakan untuk menangkap yodium. Hal ini justru dapat menyebabkan kekurangan yodium dalam tubuh dan dapat manjadikan dampak yang sangat merugikan pada kesehatan Anda. Toksisitas Brom dapat bermanifestasi menjadi ruam pada kulit, jerawat, kehilangan nafsu makan, kelelahan dan aritmia pada jantung. Produk dari AS ini dilarang di import oleh: Eropa dan Jepang.

5. Makanan Olahan Mengandung Pewarna Buatan (Processed Foods Containing Artificial Food Colors and Dyes)

Ada lebih dari 3.000 makanan aditif – pengawet, perasa, warna dan bahan lainnya – yang ditambahkan ke makanan di AS, termasuk makanan bayi dan makanan yang ditargetkan untuk anak-anak. Sementara itu, banyak di antaranya telah dilarang di negara-negara lain, berdasarkan penelitian telah menunjukkan toksisitas (beracun) dan efek kesehatan yang berbahaya, terutama berkenaan dengan efek buruk pada perilaku anak-anak. Misalnya seperti yang dilaporkan dalam artikel fitur :

“Boxed Mac & Cheese, cheddar rasa kerupuk, Jell-O dan banyak ‘sereal anak-anak’ mengandung jenis warna Red-40, Yellow-5, Yellow-6, dan / atau Blue-2, adalah pewarna yang paling populer digunakan di Amerika Serikat. Penelitian telah menunjukkan “pelangi” ini aditif dan dapat menyebabkan masalah perilaku serta kanker, cacat lahirdan masalah kesehatan lainnya pada hewan di laboratorium. Red-40 dan Yellow-6 juga diduga menyebabkan reaksi alergi hiper-sensitivitas seperti pada anak-anak. Pusat Ilmu Pengetahuan untuk Kepentingan Umum (Science in the Public Interest) melaporkan bahwa beberapa pewarna juga ‘terkontaminasi’, dikenal dengan istilah karsinogen.”

Pada tahun 2009, pemerintah Inggris menyarankan perusahaan-perusahaan untuk berhenti menggunakan pewarna makanan pada akhir tahun itu. Uni Eropa juga membutuhkan pemberitahuan peringatan pada kebanyakan makanan yang mengandung pewarna. Dilarang di import oleh: Norwegia dan Austria.

6. Ayam Campuran Arsenik (Arsenic-Laced Chicken)

Obat berbasis arsenik yang disetujui untuk digunakan dalam pakan ternak di Amerika Serikat karena mereka membuat hewan tumbuh lebih cepat dan membuat daging tampak pinker (yaitu “segar”) alias berwarna merah muda. Badan Pengawasan Makanan dan Obat AS, Food and Drug Administration (FDA) telah menyatakan produk ini aman karena mengandung arsen organik, yang kurang beracun dari bentuk anorganik lainnya yang dikenal merupakan karsinogen.

Masalahnya adalah, laporan ilmiah yang muncul menyatakan bahwa arsenik organik ternyata bisa berubah menjadi arsenik an-organik, yang telah ditemukan dalam kadar tinggi pada ayam supermarket! Arsenik an-organik juga mencemari pupuk di mana ia akhirnya dapat bermigrasi ke dalam air minum dan juga dapat menyebabkan kadar arsenik tinggi dalam beras Amerika.

Pada tahun 2011, Pfizer mengumumkan secara sukarela akan menghentikan pemasaran pakan aditif berbasis arsenik Roxarsone, tetapi masih ada beberapa jenis lain di pasaran. Beberapa kelompok lingkungan telah mengajukan gugatan terhadap FDA untuk menghilangkan zat racun itu dari pasar. Sementara itu, di Uni Eropa, senyawa berbasis arsenik tidak pernah disetujui sebagai makanan yang aman bahkan untuk pakan ternak. Produk dari AS ini dilarang di import oleh: Uni Eropa

7. Roti Mengandung Potassium Bromate (Bread with Potassium Bromate)

Anda mungkin tidak menyadari hal ini, tapi hampir setiap kali Anda makan roti di sebuah restoran atau mengkonsumsi hamburger atau hotdog pun, yang Anda konsumsi adalah Bromida, seperti yang biasa digunakan dalam tepung. Penggunaan potassium bromate sebagai aditif untuk roti komersial dan dipanggang, telah menjadi kontributor besar untuk konsumsi bromida yang berlebihan di dalam budaya Barat.

Tepung Bromated telah ” diperkaya” dengan Kalium Bromat. Perusahaan kue komersial mengklaim bahwa itu membuat adonan lebih elastis dan lebih mampu berdiri untuk mengkaitkan roti, sebuah masalah yang struktural. Namun, Pepperidge Farm dan perusahaan sukses lainnya telah berhasil hanya menggunakan tepung Unbromated tanpa ada “masalah struktural”.

Penelitian telah mengkaitkan Kalium Bromat terhadap masalah ginjal dan kerusakan sistem saraf, masalah tiroid, ketidaknyamanan pencernaan dan kanker. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker mengklasifikasikan bahwa kalium bromat yang sangat mungkin sebagai karsinogen. Produk dari AS ini dilarang di import oleh: Kanada, China dan Uni Eropa. Viva.co.id

8. Olestra / Olean (Chips and French Fries)

Olestra alias Olean, yang dibuat oleh Procter & Gamble (P&G), adalah makanan bebas kalori dan bebas kolesterol pengganti lemak yang digunakan dalam makanan ringan bebas lemak, seperti keripik dan kentang goreng.

Tiga tahun yang lalu, Time Magazine3, menamakannya menjadi salah satu yang terburuk dan yang pernah ada dalam 50 penemuan lainnya. Tapi itu tidak menghentikan perusahaan makanan tetap menggunakannya untuk memenuhi keyakinan orang yang salah, bahwa camilan bebas lemak adalah camilan sehat!. Menurut artikel :

“Tidak hanya sebuah studi di tahun 2011 dari Purdue University yang menyimpulkan bahwa tikus yang diberi makan keripik kentang yang dibuat dengan Olean, bertambah berat badan, beberapa laporan menyatakan adanya reaksi usus yang merugikan akibat lemak palsu termasuk diare, kram perut dan lemah lambung. Dan karena mengganggu penyerapan vitamin yang larut lemak seperti Vitamin A, D, E dan K, maka FDA meminta vitamin ini ditambahkan ke produk yang dibuat oleh Olean atau Olestra”. Makanan ini dilarang di import oleh: Inggris dan Kanada

9. Pengawet BHA dan BHT (Preservatives BHA and BHT)

BHA (butylated hydroxy-anisole) dan BHT (butylated hydroxy-toluene) biasanya digunakan sebagai bahan pengawet yang dapat ditemukan dalam sereal untuk sarapan, campuran kacang, permen karet, mentega, daging, kentang kering (dehydrated potatoes) dan bir, ini hanyalah beberapa nama saja dari banyaknya produk lainnya yang menggunakan zat itu.

BHA diketahui menyebabkan kanker pada tikus, dan sangat mungkin menjadi agen penyebab kanker pada manusia juga. Bahkan, menurut US Department of Health and Human Services, National Toxicology Program’s 2011 Report on Carcinogens, BHA “cukup diantisipasi menjadi karsinogen manusia”.

BHA dapat memicu reaksi alergi dan hiperaktif, sedangkan BHT dapat menyebabkan keracunan sistem organ. Mana itu dilarang: Inggris menolak BHA dalam makanan bayi. BHA dan BHT juga dilarang di beberapa bagian Uni Eropa dan Jepang. Produk dari AS ini dilarang di import oleh: Uni Eropa dan Jepang.

10. Susu dan Produk Susu Yang Dicampur dengan rBGH (Milk and Dairy Products Laced with rBGH)

Rekombinan hormon pertumbuhan sapi atau Recombinant bovine growth hormone (rBGH) adalah penjualan obat untuk susu hewan yang terbesar di Amerika. RBGH adalah versi sintetis dari bovine somatotropin (BST) yang alami, yaitu hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis sapi. Monsanto mengembangkan versi rekombinan dari rekayasa genetika bakteri E. Coli dan memasarkannya dibawah nama merek ” Posilac”.

Zat ini disuntikkan ke sapi untuk meningkatkan produksi susu, tetapi dilarang di setidaknya 30 negara lain karena bahaya terhadap kesehatan manusia yang mencakup peningkatan risiko untuk tumor usus besar, kanker prostat dan kanker payudara dengan menjadikan sel jaringan normal berkonversi dan bermutasi menjadi sel kanker.

Peternakan susu non-organik sering memakai sapi rBGH – yang disuntikkan dan dapat menimbulkan setidaknya 16 kondisi kesehatan buruk yang berbeda, termasuk pada tingkat yang sangat tinggi, dari mastitis yang mengkontaminasi susu dengan nanah dan antibiotik.

“Menurut American Cancer Society, peningkatan penggunaan antibiotik untuk mengobati jenis peradangan rBGH – diinduksi ‘tidak memicu pengembangan bakteri yang resisten kepada antibiotik, tapi sejauh mana zat ini ditularkan kepada manusia, tidaklah jelas’ ,” sebuah artikel negara mengatakan.

Banyak yang telah mencoba untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang risiko penggunaan hormon ini kepada sapi perah, namun upaya mereka telah bertemu dengan ‘oposisi besar’ industri susu dan farmasi yang sangat kuat dan penghubung pemerintah mereka.

Pada tahun 1997, dua wartawan investigasi afiliasi dari Fox, Jane Akre dan Steve Wilson, berusaha untuk menampilkan program untuk mengungkap kebenaran tentang bahaya rBGH.

Pengacara Monsanto, pengiklan besar dengan ‘jaringan wilayah Florida’, mengirimkan surat menjanjikan sebuah “konsekuensi” jika cerita ditayangkan.

Meskipun telah berlangsung selama beberapa dekade terbukti tentang bahaya rBGH, namun FDA masih mempertahankan bahwa zat itu aman untuk dikonsumsi manusia dan mengabaikan bukti ilmiah yang dengan nyata bertentangan.

Pada tahun 1999, Badan Keselamatan PBB atau United Nations Safety Agency telah memutuskan dengan suara bulat untuk tidak mendukung atau menetapkan standar keamanan untuk susu rBGH, yang secara efektif telah mengakibatkan larangan internasional ‘US milk.4 The Cancer Prevention Coalition’ atau Pencegahan Koalisi Kanker Untuk Susu di Amerika Serikat, yang mencoba selama bertahun-tahun untuk mendapatkan penggunaan rBGH oleh industri susu yang dilarang, telah mengirim ulang petisi kepada Komisaris FDA, Margaret Hamburg, M.D. pada 5 Januari 2010 lalu.

Meskipun secara keras kepala FDA pada posisinya tetap meyakinkan bahwa susu dari sapi rBGH-yang diobati (rBGH-treated) tidak berbeda dari susu dari sapi yang tidak diobati, namun hal ini hanyalah kepalsuan dan tidak didukung oleh ilmu pengetahuan. Satu-satunya cara untuk menghindari rBGH adalah mencari produk yang diberi label sebagai “ rBGH -free” atau “No rBGH”. Produk dari AS ini dilarang di import oleh: Australia, Selandia Baru, Israel, Uni Eropa dan Kanada.

Nah, itulah zat-zat dan bahan yang terkandung pada makanan dan prodik buatan Amerika Serikat yang selama ini banyak orang yang tak mengetahuinya. Jadi, bahan-bahan itu sangat berpotensi menjadikan sel-sel di dalam tubuh anda bermutasi menjadi sel kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

.
Updated: September 21, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014