On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Produk-Produk Mahal yang Dihasilkan Dari Hewan

Onthespotv7.com – Tahu kah Anda? Ternyata ada beberapa produk yang dihasilkan dari hewan yang dapat dijual dengan harga yang sangat mahal. Ada yang berasal dari air liurnya, bahkan ada pula yang berasal dari kotorannya. Wah? Apa saja kah kira-kira produk-produk tersebut? Yuk, intip bahasan lengkapnya berikut ini.

 

Klik untuk memutar

1. Sutera

Foto Sutera Oleh Unik SegiEmpat

Salah satu produk berharga mahal yang dihasilkan dari hewan adalah sutera. Produk ini memiliki kandungan serat protein alami yang dapat ditenun dengan muda. Sutera berasal dari kepompong larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang dipeternakan (serikultur). Sutera memiliki tekstur yang halus, lembut dan tak licin. Sedangka jika terkena cahaya, maka pintalan-pintalan sutera yang akan menghasilkan kain akan memantulkan kilauan cahaya yang mampu menarik mata siapa pun yang melihatnya. Kilauan-kulauan sutera tersebut berasal dari sebuah struktur berbentuk prisma segitiga yang berasa dari serat yang terkandung di dalamnya.

2. Mutiara

Foto Mutiara Oleh Unik SegiEmpat

Mutiara merupakan sebuah benda bulat berwarna putih mengkilat yang dihasilkan dalam jaringan kelompok moluska-moluksa hidup. Sama halnya seperti cangkang, mutiara juga memiliki kandungan kalsium karbonat berbentuk Kristal yang tersimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Moluska yang memiliki cangkang akan menghasilkan mutiara melalui proses alami yang diawali dengan tertangkapnya sebuah obyek mikroskopis dalam mantel lipatan moluska.

3. Sarang Walet

Foto Sarang Walet Oleh Unik SegiEmpat

Burung walet mampu membuat sarang dari air liur kental. Uniknya, air liur tersebut akan mengering saat terkena udara. Sarang dari burung walet memiliki dua jenis, yakni sarang burung walet yang dipanen di dalam gua-gua yang terletak di pegunungan serta sarang burung walet yang terdapat di dalam bangunan buatan yang sengaja dibuat oleh manusia. Biasanya, sarang burung walet akan disajikan sebagai sup atau manisan di restoran-restoran. Sarang walet diketahui memiliki gizi tinggia yang dapat dijadikan sebagai aphrodisiac. Sarang walet juga kerap dicampur dengan tonik penambah energi.

4. Kopi Luwak

Foto Kopi Luwak Oleh Unik SegiEmpat

Tak dipungkiri lagi jika kopi luwak merupakan salah satu pengisi daftar kopi paling mahal di dunia. Kopi ini berasal dari kotoran hewan luwak—sejenis musang—yang gemar memakan daging buah kopi. Sedangkan kulit ari dan biji kpinya masih tetap utuh seperti sedia kala. Biji kopi yang tak dicerna oleh luwak tersebut kemudian dipungut, dicuci, disangrai, ditumbuk kemudian diseduh menggunakan air panas. Luwak akan memilih buah kopi yang masak sebelum memakannya. Di zaman penjajahan Belanda, kopi luwak merupakan salah satu sajian yang diminati oleh orang-orang kelas atas dari Negeri Kincir Angin tersebut. Lantaran memiliki proses yang tak umum dan amat langka, maka kopi ini pun dipatok dengan harga yang sangat tinggi oleh pemerintah Belanda saat itu. Uniknya, kopi yang diyakini telah mengalami fermentasi secara alami dalam perut luwak ini ditemukan oleh para pekerja perkebunan kopi pribumi yang dulunya tak boleh mencicipi suatu jenis kopi yang tengah dibudiayakan oleh orang-orang Belanda.

 

.
Updated: April 21, 2016 — 07:26
On The Spot © 2014